Kategori
Rekreasi

Rekomendasi Wisata Gua di Yogyakarta

Rekomendasi Wisata Gua di Yogyakarta, Pemandangannya Bikin Takjub

Rekomendasi Wisata Gua di Yogyakarta – Yogyakarta selain terkenal dengan wisata budaya dan sejarahnya, kini juga dikenal memiliki pesona-pesona keindahan pariwisata alamnya. Tak heran jika belakangan ini mulai banyak bermunculan gua-gua yang indah untuk dijadikan sebagai objek wisata baru. Selain itu ada juga wisata budaya, sejarah, kuliner, hingga alam yang begitu sayang untuk dilewatkan.

Nah, selain Deposit IDNPlay pantai dan gunung, wisata berupa gua juga gak kalah menarik, lho. Apalagi ada gua di Yogyakarta yang menawarkan wisata river tubing. Berikut beberapa wisata gua di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi saat liburan.

Gua Selarong

Gua Selarong merupakan gua peninggalan sejarah yang berlokasi di Dukuh Kembangputihan, Pajangan, Bantul. Dulunya gua ini digunakan sebagai markas gerilya Pangeran Diponegoro saat melawan Belanda.

Gua Sriti

Gua Sriti terletak di Gunungkidul, tepatnya di sebelah barat Gua Pindul. Disebut Gua Sriti karena tempat ini merupakan sarang burung sriti.

Gua Cokro

Gua berbentuk vertikal dengan kedalaman 18 meter ini berada di Dusun Blimbing, Desa Umbulharjo, Pojong, Gunungkidul. Ketika cuaca cerah, kamu bisa menikmati fenomena Ray of Light, yakni sinar matahari yang masuk dari lubang lainnya.

Nah, untuk bisa masuk ke sini juga gak sembarangan, minimal harus 10 orang dengan biaya Rp1 juta.

Gua Jomblang

Gua yang sudah terkenal ini berada di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul. Gua vertikal ini memiliki kedalaman 60 meter yang bisa kamu kunjungi di siang hari, supaya cahaya matahari yang masuk memberikan pemandangan yang indah.

Gua Pindul

Gua Pindul menjadi destinasi wisata alam yang kini semakin dikenal. Ke Yogya belum lengkap rasanya kalau belum ikut cave tubing aliran Sungai Oya. Terletak di Wonosari, Gunungkidul, Gua Pindul menawarkan paket guide susur gua dengan menggunakan ban dan helm.

Gua Kalisuci

Gua Kalisuci merupakan sebuah kawasan karst yang di bawahnya terdapat sungai yang mengalir dengan arus tenang. Selain Gua Pindul, di sini juga salah satu wisata cave tubing terbaik. Untuk menyusurinya, kamu butuh waktu sekitar dua jam dengan panjang gua sekitar 600-700 meter.

Nah, itulah beberapa rekomendasi wisata gua di Yogyakarta yang memiliki pemandangan indah. Dijamin bakal lupa waktu, deh kalau liburan ke sini!