Kategori
Uncategorized

Kenali Fungsi Gigi Mobil Manual & Cara Mengemudikannya

Kenali fungsi gigi mobil manual dan cara mengemudikannya,kali ini mimin akan menjelaskan fungsi dari gigi mobil manual dan cara mengemudikannya semoga penjelasan mimin dapat menjawab beberapa pertanyaan kalian pada kolom sebelumnya ya ! , yang telah kita rangkum dalam victoriarmada

 

Penjelasan sebelumnya kalian bisa cek di Poker Online Deposit Dana

Gigi Mobil Manual - Kenali Fungsi Gigi Mobil Manual & Cara Mengemudikannya

 

Banyak orang berpendapat bahwa ketika belajar mengemudi mobil pertama kali, pilihlah untuk belajar mengemudi mobil dengan menggunakan mobil bertransmisi gigi manual terlebih dahulu. Ketika kamu sudah mahir dalam mengemudikan mobil gigi manual, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk menguasai cara mengemudi mobil matic. Hal ini dikarenakan terdapat gigi dan kopling pada mobil manual yang harus dipelajari.

 

Cara Mengemudi Mobil Manual

gigi mobil manual mengemudi - Kenali Fungsi Gigi Mobil Manual & Cara Mengemudikannya
Sumber Foto: Virrage Images via. Shutterstock

Bagi sebagian orang, mengemudi mobil manual merupakan hal yang sulit dan tidak semudah mengemudi mobil matic. Hal ini dikarenakan menyetir mobil manual dibutuhkan kepiawaian dalam melakukan perpindahan gigi, tidak seperti mengemudi mobil matic yang dilengkapi dengan sistem penggantian gigi otomatis. Tapi bagi kamu yang ingin belajar cara mengemudi mobil manual jangan putus asa dahulu, karena dengan latihan dan praktik kamu pasti bisa mengemudi mobil manual. Bagaimana caranya? Simak tips-tips dibawah ini, yuk.

1. Kenali Fitur Mobil Gigi Manual

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk belajar cara mengemudi mobil manual adalah dengan mengenali fitur-fitur yang ada di dalam transmisi ini agar kamu tahu fungsi dan kegunaan setiap fitur dalam mengemudi. Fitur-fitur utama dan yang paling penting untuk kamu tahu dan hafalkan fungsinya adalah pedal rem, pedal kopling dan pedal gas.

Jangan sampai salah menginjak pedal, apalagi ketiga pedal ini letaknya berdampingan di posisi bawah dekat kaki. Salah menginjak pedal akan berakibat sangat fatal. Namun jangan khawatir, kamu bisa menghafalkannya sungguh-sungguh dan terus melakukan latihan dan praktik agar terbiasa dengan pedal-pedal tersebut.

Selain itu, kamu juga harus mengenali tuas perseneling pada gigi mobil, mulai dari gigi 1 hingga gigi 5. Setiap gigi berfungsi untuk mengubah laju kendaraan.  Terdapat juga fitur R yang berfungsi untuk mundur.

Tidak hanya mengenal pedal dan persneling saja, kamu juga harus mengetahui fitur-fitur lain yang ada pada mobil gigi manual, antara lain seperti tombol lampu sign, klakson, tombol kunci pintu dan jendela, tombol pengaturan wiper dan sebagainya. Selain itu, kamu juga harus tau letak gigi dan bagaimana cara untuk mengubah gigi mobil atau perseneling mobil. Belajar pelan-pelan, kamu pasti akan bisa melakukannya.

2. Atur Posisi Duduk Senyaman Mungkin

Ketika belajar mengemudi mobil, hal yang perlu kamu perhatikan adalah posisi duduk yang nyaman. Posisi duduk ini sangat berpengaruh dengan cara kamu mengemudi dan menginjak ketiga pedal di bawah kaki kamu. Jangan duduk terlalu maju ataupun terlalu jauh dari pedal karena posisi duduk yang terlalu jauh dapat menyulitkan kamu dalam menginjak pedal dan berpindah pijakan pedal ketika berkendara. Sedangkan ketika duduk terlalu maju atau dekat akan membuat kamu cepat lelah dalam mengemudi. Untuk itu pastikan duduk dengan posisi senyaman mungkin untuk membuat kamu nyaman dan lancar dalam berkendara.

3. Kenali Semua Posisi Pedal

Penting bagi kamu untuk mengenali semua posisi pedal yang ada pada mobil manual, jangan sampai salah menginjak pedal karena akan berakibat fatal. Ada 3 pedal yang harus kamu tahu, yaitu pedal gas, pedal rem dan pedal kopling. Masing-masing pedal terletak saling berdampingan. Pedal gas berada di sebelah kanan, pedal rem di tengah dan pedal kopling berada di sebelah kiri.

Setiap pedal memiliki fungsinya masing-masing sesuai dengan namanya. Pedal gas berfungsi untuk memberikan dorongan kecepatan pada mobil, pedal rem berguna untuk mengontrol kecepatan mobil dan menghentikan laju kendaraan, sedangkan pedal kopling berguna untuk memutus putaran roda dan putaran mesin diantara setiap gigi, baik ketika kamu menambah gigi ataupun mengurangi gigi. Jadi, kamu harus menginjak pedal kopling setiap kali kamu mau menambah ataupun mengurangi gigi transmisi mobil (oper gigi mobil manual). Hal ini dilakukan untuk tidak merusak roda gigi pada tiap-tiap transmisi gigi mobil.

4. Hidupkan Mobil Secara Perlahan

Selanjutnya penting bagi kamu untuk tahu cara menghidupkan mesin mobil. Ketika ingin menghidupkan mesin mobil manual, kamu harus pastikan bahwa tuas gigi mobil manual dalam keadaan netral. Hal ini dapat diketahui dari posisi tuas gigi mobil yang berada di antara gigi tiga dan gigi empat serta tuas gigi dapat digerakkan bebas kekiri dan ke kanan.

Setelah memastikan bahwa tuas gigi berada dalam posisi netral, kamu bisa menyalakan mesin mobil dengan tetap menginjak pedal kopling mobil ketika mobil distarter. Hal ini dilakukan untuk mencegah mobil melompat ke depan apabila kamu lupa bahwa keadaan gigi dalam posisi netral atau tidak. Ketika mulai mengemudi, pastikan jarak kaki diantara ketiga pedal tidak begitu jauh. Di awal belajar mengemudi mobil manual, kamu dapat memfokuskan kaki kamu di antara gas dan kopling. Kamu harus terus melatih keterampilan ini setiap kali ingin melakukan oper gigi. Pastikan selalu menginjak pedal kopling apabila ingin menambah atau mengurangi gigi transmisi mobil.

5. Jalankan Mobil, Pastikan untuk Berhati-hati

Setelah mobil berhasil dinyalakan, maka langkah selanjutnya adalah jalankan mobil dengan hati-hati. Untuk menjalankan mobil, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mulai belajar mengoper giginya. Pada mobil manual gigi mobil terbagi menjadi 5 tingkatan, yaitu gigi 1, gigi 2, gigi 3, gigi 4 serta gigi 5.

Fungsi dari masing-masing gigi mobil manual adalah untuk mengatur perubahan laju kendaraan sesuai dengan medan dan kecepatan yang ingin kamu dapatkan. Menguasai setiap tingkatan gigi mobil manual ini akan sangat bermanfaat untuk kamu ketika kamu belajar cara mengemudi mobil manual di tanjakan.

Untuk menjalankan mobil, oper gigi mobil manual ke gigi 1 dengan cara injak pedal kopling, lalu oper tuas gigi ke arah gigi 1 (tekan persneling atau tuas gigi ke arah samping kiri lalu naik ke atas) kemudian lepaskan perlahan-lahan pedal kopling. Maka mobil akan mulai jalan dengan transmisi gigi 1. Untuk menambah kecepatan mobil, kamu bisa mulai mencoba untuk menginjak pedal gas perlahan saja, jangan injak full. Cek kecepatan mobil pada speedometer. Jika kamu baru belajar, pastikan kecepatan kamu tidak melebihi 20 km/jam agar laju kendaraan tetap terkontrol.

6. Pindahkan Kopling Ke Gigi Lebih Tinggi

Setelah kamu nyaman dan mulai menguasai jalannya mobil pada gigi 1, kamu bisa mulai untuk memindahkan kopling ke gigi yang lebih tinggi. Normalnya perpindahan gigi dilakukan ketika RPM mesin berada di angka 2.500-3.000. Cara memindahkan kopling ke gigi yang lebih tinggi hampir sama dengan cara kamu memasukkan gigi 1. Kamu harus memastikan bahwa setiap kali kamu ingin memindahkan gigi mobil kamu harus melakukannya berbarengan dengan menginjak pedal kopling. Jika kamu lupa menginjak pedal kopling, maka giginya tidak bisa masuk.

Setelah kamu bisa mengoper gigi mobil, selanjutnya kamu akan belajar cara oper gigi mobil manual secara halus. Dengan mengetahui cara perpindahan gigi mobil manual yang halus, akan berpengaruh terhadap cara mengemudi kamu yang juga akan lebih halus dan lancar.

7. Cara Mengemudi Mobil Manual dengan Mengetahui Cara Menurunkan Gigi

Cara mengemudi mobil manual selanjutnya adalah dengan mengetahui cara menurunkan gigi. Setelah tahu dan lancar dalam menaikkan gigi, sekarang kamu akan belajar bagaimana cara menurunkan gigi mobil manual. Cara menurunkan gigi mobil manual sebenarnya sama saja dengan cara menaikkan gigi mobil manual. Kamu harus selalu menginjak full pedal kopling bersamaan dengan memindahkan tuas persneling untuk menurunkan gigi. Apabila ingin mengganti gigi namun kamu lupa menginjak pedal kopling, maka persneling mobil manual akan keras dan sulit untuk dipindahkan. Latihan secara rutin akan membuat kaki dan tangan kamu terbiasa untuk mengganti gigi.

Fungsi Gigi 1, 2, 3, 4, 5 Pada Mobil

gigi mobil manual fungsi - Kenali Fungsi Gigi Mobil Manual & Cara Mengemudikannya
Sumber Foto: Bilanol via. Shutterstock

Pada pembahasan diatas, kita sudah membahas bahwa gigi mobil manual dan gigi mobil matic tidak sama. Pada mobil manual, gigi mobil ada 5 tahapan. Gigi ini berfungsi untuk mengatur kecepatan dan performa daya dorong mobil. Untuk belajar mobil manual kamu harus tahu fungsi dari masing-masing gigi mobil. Berikut penjelasan fungsi dari masing-masing gigi pada mobil manual.

1. Fungsi Gigi 1 pada Mobil Manual

Gigi 1 merupakan gigi pertama yang harus kamu gunakan ketika mengemudi mobil manual. Gigi ini merupakan gigi permulaan ketika mesin mobil dihidupkan dan dijalankan di awal. Penggunaan gigi ini hanya maksimal di kecepatan 20km/jam.

2. Fungsi Gigi 2 pada Mobil Manual

Setelah menggunakan gigi 1, maka selanjutnya kamu harus mengoper gigi ke gigi 2 agar mobil kamu dapat terus berjalan dan tidak tersendat-sendat. Fungsi gigi 2 pada mobil manual adalah untuk menjalankan mesin mobil di kecepatan 15-35 km/jam.

3. Fungsi Gigi 3 pada Mobil Manual

Kamu harus tahu bahwa fungsi utama dari setiap gigi pada mobil manual adalah untuk menyesuaikan kecepatan kendaraan. Gigi 3 merupakan gigi standard yang mampu membuat mobil kamu berjalan dengan cukup lancar dan mampu memberikan dorongan yang cukup kuat pada jalanan yang tidak rata, seperti di jalan tanjakan, turunan atau jalanan bergelombang.

4. Fungsi Gigi 4 pada Mobil Manual

Gigi 4 merupakan gigi yang dapat kamu gunakan ketika berkendara di jalanan lengang dan ingin memacu mobil dengan kecepatan tinggi sekitar 50-80 km/jam. Gigi 4 sangat cocok untuk digunakan ketika berkendara di jalan tol atau jalanan mulus lengang lainnya. 

5. Fungsi Gigi 5 pada Mobil Manual

Gigi 5 merupakan gigi terakhir yang ada pada mobil manual. Gigi ini merupakan gigi dengan kecepatan maksimal yang dapat kamu gunakan ketika mengemudi mobil manual. Dengan menggunakan gigi 5, mobil dapat melaju dengan kecepatan lebih dari 80 km/jam.

Kesalahan Pengguna Mobil Manual

gigi mobil manual kesalahan - Kenali Fungsi Gigi Mobil Manual & Cara Mengemudikannya
Sumber Foto: Virrage Images via. Shutterstock

Para pemula sering sekali melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat cara berkendara dan mengemudi menjadi tidak lancar. Selain itu kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan ini juga berdampak kepada usia komponen-komponen mobil.

Namun hal ini bukanlah dosa, kamu justru bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang telah kamu lakukan agar kelak dapat mengemudi dengan lebih baik. Adapun kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna mobil manual baik bagi yang baru belajar maupun yang sudah expert adalah sebagai berikut.

1. Menginjak Kopling Setengah-setengah

Kesalahan pertama dan yang paling banyak dilakukan oleh pengguna mobil manual adalah menginjak kopling setengah-setengah. Kesalahan ini akan membuat kopling kamu cepat rusak. Kopling yang merupakan penghubung antara mesin dan transmisi, bila diinjak setengah-setengah akan membuat kopling cepat aus.

2. Kesalahan Pengguna Mobil Manual Menggantungkan Kaki di Pedal Kopling

Kesalahan yang sering dlakukan oleh pengguna mobil manual selanjutnya adalah menggantungkan kaki d pedal kopling saat mengemudi. Perlu kamu ketahui bahwa pedal kopling sangat sensitif, jadi ketika berkendara hindari menggantungkan kaki kamu d pedal kopling agar kopling tidak cepat aus.

3. Kebiasaan Menyandarkan Tangan di Tuas Persneling

Bagi kamu pengguna mobil manual, secara tidak sadar mungkin pernah atau bahkan sering menyandarkan tangan  tuas persneling. Hal umumnya dlakukan untuk mengistirahatkan tangan ketika mengemudi. Hal ini memang tidak berbahaya, namun kamu harus tahu bahwa  bagian bawah persneling terdapat sistem mekanis yang dapat rusak apabila persneling dtekan secara konsisten.

4. Memindahkan Gigi Mundur saat Mobil Masih Bergerak Maju

Kesalahan yang satu ini biasanya lakukan pengguna mobil gigi manual ketika hendak memarkirkan kendaraan. Pengguna mobil manual kerap memindahkan gigi mundur saat mobil masih bergerak maju. Hal ini tentu saja juga berdampak pada transmisi mobil yang akan membuatnya cepat rusak serta menimbulkan suara kasar pada mobil ketika gigi mobil tekan mundur sementara mobil masih bergerak maju.

5. Menggunakan Gigi Tinggi saat RPM Rendah

Kesalahan terakhir yang sering lakukan oleh pengguna mobil manual adalah menggunakan gigi tinggi saat RPM rendah. Banyak orang melakukan hal ini karena percaya terhadap mitos bahwa menggunakan gigi tinggi saat RPM rendah mampu menghemat bahan bakar. Padahal nyatanya mitos ini tidak sepenuhnya benar, malah hal ini dapat mengakibatkan engine lugging atau mobil harus bekerja lebih keras untuk menggerakkan mobil.

Itulah pembahasan lengkap tentang fungsi gigi mobil manual serta cara mengemudikannya. Tentunya setelah membaca artikel ini kamu akan sedikit lebih paham mengenai cara mengemudi mobil manual dengan lebih baik agar terhindar dari berbagai risiko.  Selain mempelajari cara mengemudi serta fungsi gigi , kamu juga perlu tahu cara memproteksi mobil agar terhindar dari risiko finansial di masa depan. Salah satu caranya adalah dengan membeli asuransi mobil. Asuransi mobil berfungsi untuk melindungi dan memproteksi mobil dari berbagai risiko seperti hilang atau kecelakaan