Kategori
Uncategorized

Cara Peminjaman Modal Usaha untuk Pemula

Cara Peminjaman Modal Usaha untuk Pemula.Peminjaman modal usaha menjadi solusi para pengusaha untuk merintis atau mengembangkan bisnis. Banyak pebisnis yang berupaya mencari tambahan modal melalui investor, tapi hal itu tak semudah membalikkan tangan. Pasalnya calon wirausahawan harus memiliki presentasi bisnis yang bagus untuk mendapatkan dana segar. yang telah kita rangkum dalam victoriaramada

yang disupport oleh Poker77 Apk

Sekarang ini pinjaman modal usaha memiliki berbagai macam moda mulai yang berasal dari pemerintah, bank konvensional, sampai bank syariah. Terdapat pula fintech yang menawarkan pinjaman untuk modal usaha awal bahkan tanpa jaminan. Hanya saja kamu harus berhati dan teliti untuk mempelajari perjanjian pinjaman modal usaha agar tidak terjebak dalam cengkraman hutang yang semakin membengkak. Pastikan pula kredibilitas pemberi pinjaman dengan mencari trek recordnya di internet.

1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Jenis peminjaman modal usaha pertama, ada kredit usaha rakyat yang disingkat dengan KUR. KUR merupakan pinjaman dari pemerintah bagi calon/wirausahawan yang membutuhkan modal usaha. Pada praktiknya, KUR berfokus pada pinjaman yang bergiat di bidang perindustrian, kehutanan, pertanian, perikanan dan kelautan, dan jasa keuangan simpan pinjam.

Misalnya, Bank Mandiri memiliki produk pinjaman modal usaha mandiri yang berjenis kredit serbaguna mikro untuk para pengusaha mikro. Limit pinjamannya sampai Rp1 miliar dengan tenor pinjaman hingga 15 tahun dan suku bunga 12% per tahun. Pinjaman serbaguna mikro ini bisa disebut dengan pinjaman modal usaha kecil.

Nasabah bisa menikmati program pinjaman modal usaha dari pemerintah ini sampai Rp500 juta dengan bunga yang juga cukup rendah yakni 7% pertahunnya atau hanya sekitar 0,58% perbulan. Jangka waktu peminjamannya selama 6 tahun atau 72 bulan. Dokumen yang diperlukan untuk KUR berupa kartu identitas (KTP), laporan keuangan, akte pendirian usaha, SIUP/TDP, proposal usaha dan persyaratan lain yang mungkin diminta oleh pihak bank.

Mungkin persyaratan KUR lebih banyak dibanding Kredit Tanpa Agunan (KTA) karena pemerintah hanya memberikan pinjaman bagi usaha yang memenuhi kelayakan, prospek bisnis yang baik, potensi, dan punya kemampuan mengembalikan pinjaman itu.

2. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Butuh pinjaman modal usaha tanpa jaminan? Kamu bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang memberikan kredit pada nasabah tanpa membebankan jaminan berupa aset seperti tanah, kendaraan, rumah, surat berharga dan sebagainya.

Pinjaman modal awal usaha tanpa jaminan ini menjadi salah satu jenis pinjaman bank yang populer khususnya bagi pengusaha. Besaran bunga KTA pun bervariasi sesuai kebijakan masing-masing bank. Biasanya bank memberikan pinjaman dana maksimal sebesar Rp200–Rp300 juta sesuai ketentuan dan persyaratan masing-masing bank itu Tenor pinjaman yang diberikan sampai 60 bulan atau 5 tahun.

Persyaratan pinjaman modal usaha tanpa jaminan berupa KTP, NPWP, SIUP, rekening koran, dan kartu kredit. Walau syarat dan prosesnya relatif mudah, peluang untuk mendapat pinjaman ini tak semudah kelihatannya. Peminjam KTA harus memenuhi syarat BI checking terlebih dahulu guna memastikan tidak ada riwayat tunggakan dari kredit sebelumnya. Tertarik mengajukan pinjaman modal usaha kecil melalui KTA?

Hampir semua bank nasional memiliki pinjaman modal usaha KTA, sebut saja Bank BCA, Mandiri, BNI, dan sebagainya. Tertarik mencoba cara peminjaman modal ini?

3. Kredit Modal Kerja

Kredit Modal Kerja (KMK) memiliki tujuan untuk pengembangan usaha menjadi lebih besar. Karenanya pada pinjaman ini ada syarat yang harus dipenuhi yakni usaha telah memiliki izin dan berjalan selama kurang lebih 1 tahun. Selain itu, kredit modal kerja sifanya jangka pendek untuk satu tahun saja.

Dokumen yang perlu disiapkan ketika mengajukan pinjaman jenis ini berupa KTP, Kartu Keluarga, keterangan penghasilan, buku tabungan, dan bukti memiliki tanggungan dan cicilan

4. Kredit Investasi

Pinjaman modal usaha selanjutnya, ada kredit investasi yang merupakan pinjaman untuk berbagai keperluan usaha. Pinjaman kredt investasi biasanya berupa perluasan atau penambahan usaha seperti membangun proyek baru, membeli dan membuka pabrik baru, membeli tanah dan juga bangunan untuk usaha baru, pengadaan mesin dan bahan baku, dan lainnya.

Biasanya pelunasan kredt ini dengan memakai uang hasil usaha yang baru saja dbiayai dengan modal itu. Selain itu, jumlah dana tunai pinjaman modal usaha dari bank pun bervariasi karena setiap bank memiliki kebijakannya sendri. Angka maksimal yang bisa dberikan oleh pihak bank berjumlah Rp40 miliar dengan jangka waktu sampai 15 tahun.

Rata-rata bunga kredt investasi yang dkenakan  bawah 10% per tahunnya. Sementara persyaratan dokumennya berupa kartu identitas, NPWP, akta pendrian usaha, SIUP, dan rekening tabungan.

5. Modal Multiguna (KMG)

Kredt Multiguna atau KMG adalah salah satu produk perbankan yang memberikan fasilitas pinjaman dan pihak peminjam harus memberikan agunan atau jaminan. Dbandng peminjaman lainnya, modal multiguna mengharuskan nasabah menjaminkan sejumlah aset kepada kredtur. Keberadaan jaminan turut menentukan seberapa besar dana tunai yang akan dpinjamkan. Semakin besar jaminan yang dberikan, tentu semakin besar pula pinjaman yang bisa nasabah terima.

Bank bisa memberikan dana segar sampai Rp5 miliar dengan jangka waktu yang juga lama sampai lebih dari 10 tahun. Namun suku bunga yang dtawarkan masih terbilang tinggi dan menyesuaikan kondsi pasar. Maksud dari pasar adalah bila kondsi pasar baik maka bunga bisa dbawah 10%, namun bila kondsi pasar sedang tidak stabil maka dapat melebihi 15%.

Pengguna juga harus menyiapkan dokumen lain sebagai syarat, yakni formulir aplikasi pinjaman, KTP, KK, NPWP SIUP, rekening tabungan, rekap penghasilan,foto usaha dan rekening listrik atau PBB.