Kategori
Uncategorized

Cara Menjadi Blogger Sukses dan Profesional 2021

Cara Menjadi Blogger Sukses dan Profesional 2021,Bagaimana cara menjadi blogger? Cukup mudah. Anda tinggal membuat blog dan menulis konten. yang telah kita rangkum dalam Victoriaramada

yang disupport oleh Poker Online Deposit Dana

Tapi, cara menjadi blogger sukses seperti Iwan Banaran atau Sugeng Riyadi, tentu tidak sesederhana itu. Ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk mencapai kesuksesan. Inilah yang belum tentu semua orang tahu.

Nah, di artikel ini kami akan mengajak Anda mengintip rahasia cara menjadi blogger profesional. Mulai dari upaya mempersiapkan blog dengan benar hingga strategi mendapatkan keuntungan menjadi blogger.

Penasaran, kan? Mari simak lebih lanjut!

Apa Persiapan yang Harus Dilakukan?

Percayalah, tidak ada cara menjadi blogger sukses yang instan. Semua harus dilakukan bertahap dan harus dimulai dengan persiapan yang baik.

Berikut ini adalah berbagai persiapan yang perlu Anda lakukan ketika membangun blog pertama Anda:

1. Tentukan Tujuan

Mengetahui tujuan pembuatan blog merupakan cara menjad blogger pemula yang baik. Inilah langkah awal yang tidak boleh begitu saja Anda lewatkan.

Dengan memiliki tujuan, Anda jadi tahu bagaimana blog tersebut akan bangun. Dan, ke arah mana blog tersebut nantinya akan kembangkan.

Hal ini penting karena blog bukanlah kegiatan yang dalam satu-dua hari akan menunjukkan hasil. Perlu upaya terus menerus untuk membuatnya besar.

Apa saja tujuan dari kegiatan blogging? Untuk mengembangkan kemampuan menulis, berbagi informasi dengan orang lain, dan mendapatkan penghasilan secara online.

Apapun tujuan Anda, tuliskanlah  awal membangun blog.

2. Tentukan Topik

Banyak sekali topik blog yang bisa Anda pilih. Namun, bukan berarti Anda bisa membahas semua topik dan membuat blog gado-gado atau campuran, ya?

Anda cukup memilih salah satu pokok bahasan sebagai topik. Lalu, mengembangkan topik tersebut untuk jangka panjang.

Pilihlah topik blog yang sesuai dengan minat dan keahlian. Dengan demikian, tidak ada kata bosan ketika mengelola blog atau kehabisan ide saat akan menulis konten.

Selain itu, pilihlah topik yang paling banyak butuhkan masyarakat. Hal ini biasanya Anda ketahui dari banyaknya pencarian yang lakukan  mesin pencari.

r sudPTfJsiMwE4XipC9OokqbtRcE4ebkXHAQ9y5jYQAWIklre1 vLoyLZcDs6zg1iP0MKSZcbwJhsqqm Ue s7ENhLGqizUrOCO 2Duq7fuFcDCE7s 8b1CdyvEWl0KSHZ xTh4 - Cara Menjadi Blogger Sukses dan Profesional 2021

Topik yang kami maksudkan disini bukan hanya tentang teknologi, kuliner, fashion dan lain-lain. Namun, topik tersebut bisa berupa bahasan yang lebih spesifik, seperti review buku, rekomendasi film, hingga berbagai tips produktivitas.

 

3. Pilih Platform Blog

Memilih platform blog merupakan hal penting dari cara menjadi blogger sukses. Sebab, kesalahan memilih platform akan menghambat perkembangan blog Anda.

Saat ini terdapat banyak pilihan platform yang tersedia. Pilihlah sesuai dengan tujuan dan skill Anda. Bagi pemula, menggunakan platform CMS (Content Management System) adalah pilihan terbaik.

EB1DFA8hA5sq6J81FX28bH8cffF96G6VlqwymTF54oU0B1aDHe3Z07w8E07YAdQkowmkYlqUrQ sYO0gj0Fvw4 B AhLI6EIlN0mR14SSt76jSiRK dBpYe4mlZKHbU1IzWHlm2F - Cara Menjadi Blogger Sukses dan Profesional 2021

WordPress adalah salah satu CMS yang bisa Anda gunakan. Platform ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk dapat mengelola blog bahkan tanpa kemampuan coding sama sekali.

Tidak hanya itu, WordPress merupakan platform yang ramah mesin pencari. Artinya, akan mendukung blog Anda untuk bisa tampil  halaman utama Google dengan lebih mudah.

9 Cara Menjadi Blogger Sukses

Setidaknya ada sembilan cara menjad blogger sukses yang perlu Anda ketahui. Lakukan semua cara ini, tapi mulailah dari yang Anda anggap paling mudah dulu.

1. Tingkatkan Skill Menulis

Artikel adalah produk utama dari blog Anda. Jika Anda memiliki keahlian menulis yang baik, artikel yang Anda buat pun akan berkualitas.

Sayang kan kalau Anda memiliki topik blog yang unik dan informasi yang bermanfaat tapi tidak mampu menyampaikannya dengan baik?

Perlu diingat bahwa skill menulis harus selalu diasah. Jadi, cara ini berlaku untuk Anda yang baru saja membuat blog maupun yang ingin meningkatkan performa blognya.

Apa saja yang perlu lakukan?

  • Gunakan penjelasan yang sederhana. Tujuannya, agar artikel Anda bisa pahami lebih banyak orang. Sebab, pembaca Anda bisa saja berasal dari berbagai kalangan dengan tingkat pemahaman yang berbeda.
  • Gunakan kalimat dan paragraf yang pendek. Paragraf yang terlalu panjang (wall of text) sering menjadi hambatan bagi pembaca untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.
  • Hindari empty sentence. Kalimat yang tidak memberikan informasi penting sebaiknya tidak dgunakan. Ingat, pembaca datang ke blog Anda untuk sebuah informasi yang mereka butuhkan.
  • Perhatikan struktur artikel. Tidak semua orang membaca artikel Anda secara keseluruhan. Tak jarang mereka hanya melakukan skim (baca cepat) untuk menemukan informasi penting saja. Untuk memudahkan pembaca Anda, gunakanlah headng untuk memisahkan beberapa topik. Dengan struktur yang baik, artikel Anda akan lebih mudah dpahami.
  • Batasi pada topik yang spesifik. Membuat artikel dengan topik spesifik membantu pembaca fokus terhadap suatu informasi tertentu. Jika Anda merasa suatu topik terlalu luas, buatlah menjadi beberapa artikel berbeda. Lalu, kaitkan satu sama lain.

Dengan melakukan berbagai cara atas secara rutin, kemampuan menulis Anda akan meningkat dan bisa menjadi cara menjadi blogger yang baik.

 

2. Atur Waktu dengan Baik

Cara ini sebenarnya bukan eksklusif untuk blogger saja. Namun, banyak sekali blogger yang gagal mencapai hasil yang dharapkan karena kesalahan dalam time management.

Anda mungkin bertanya: “Kapan waktu terbaik untuk ngeblog?”

Pada dasarnya kegiatan blogging tidak mengikat harus dlakukan d waktu tertentu. Akan tetapi, banyaknya hal yang harus dlakukan membuat pengaturan waktu menjadi penting.

Jadi, Anda bisa tahu kapan waktu untuk merencanakan konten, menulis artikel dan melakukan langkah optimasi blog.

Inilah beberapa tips cara menjadi blogger sukses dalam hal time management:

  • Tentukan target posting Anda. Dengan mengetahui tujuan target posting, Anda bisa mengetahui berapa banyak waktu yang perlu Anda perlukan untuk blogging. Untuk pemula, Anda bisa mencoba dengan satu posting tiap minggu.
  • Maksimalkan waktu produktif Anda. Lakukan pekerjaan d waktu produktif Anda untuk hasil lebih baik dan lebih cepat. Misalnya, banyak blogger yang dapat menulis lebih baik d pagi hari. Tak jarang yang bisa menulis lebih cepat d malam hari. Kapanpun waktu produktif Anda, gunakan dengan baik.
  • Catat ide konten kapan saja. Tak jarang Anda mendapatkan inspirasi ide konten saat mengerjakan kegiatan lain. Tidak masalah. Catatlah terlebih dahulu, lalu kembangkan d waktu yang tepat.
  • Lakukan beberapa hal yang sama. Melakukan beberapa pekerjaan sama  satu waktu bisa meningkatkan efisiensi pekerjaan Anda. Misalnya, dalam satu waktu Anda bisa berfokus pada pembuatan beberapa draft konten. D waktu lain, Anda bisa melakukan upaya optimasi gambar d beberapa artikel.

Apabila Anda sudah bisa mengatur waktu dengan baik, akan semakin banyak kegiatan blogging yang bisa Anda lakukan. Dengan demikian, cara menjadi blogger profesional sudah Anda terapkan dengan tepat.

3. Terus Belajar Hal Baru

Pengunjung blog bukan hanya datang untuk mendapatkan informasi bermanfaat, tapi juga informasi baru.

Jadi, apabila ingin mendapatkan jumlah pengunjung yang meningkat, selalu pelajari hal baru. Dengan demikian, Anda bisa terus membuat konten unik yang menarik untuk baca.

Anda bisa belajar hal baru dengan melakukan eksperimen sendri atau membaca dari berbagai buku atau sumber resmi lainnya.

Bagi seorang blogger, ada beberapa hal utama yang bisa Anda pelajari sebagai cara menjadi blogger sukses, antara lain:

  • Edit foto. Dengan kemampuan membuat foto tampil menarik, Anda akan lebih mudah dalam membuat ilustrasi. Meskipun tidak semua gambar  blog harus Anda buat sendri, kemampuan ini akan membuat blog Anda unik.
  • Coding. Anda memang bisa menjalankan blog tanpa kemampuan coding. Namun, untuk beberapa hal yang vital seperti performa dan keamanan blog, mengetahui sedikit codng dapat membantu.
  • SEO (Search Engine Optimization). Ilmu SEO selalu berubah sehingga Anda harus terus update dengan cara optimasi blog yang tepat. Tujuannya, membuat blog Anda bisa tetap muncul  halaman utama mesin pencari.
  • Membangun networking. Tidak mungkin mencapai kesuksesan sebagai blogger tanpa dukung koneksi yang baik. Terutama, dengan sesama blogger. Mengetahui apa yang harus lakukan untuk membangun jaringan bisa membantu Anda kenal dalam lingkup lebih luas.

Anda tentu mengetahui hal-hal apa lagi yang perlu Anda pelajari sesuai topik blog yang Anda bangun. Lakukan hal tersebut secara rutin.

4. Berkomunikasi dengan Baik

Kesalahan membangun komunikasi dengan pembaca bisa menjadi hambatan dalam cara menjadi blogger sukses.

Para blogger profesional mengetahui hal ini sehingga berusaha selalu meningkatkan upaya komunikasi mereka dengan audiens.

Komunikasi sebagai seorang blogger dengan audens utamanya dilakukan melalui kolom komentar. Meskipun bisa juga ada pertanyaan yang disampaikan melalui akun meda sosial blog Anda.

Inilah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membangun komunikasi dengan audiens:

  • Upayakan membalas semua komentar. Kecuali berupa spam, semua komentar yang Anda terima perlu dibalas dengan baik. Untuk itu, jadwalkan waktu tersendiri khusus untuk mengecek semua komentar yang masuk.
  • Balas komentar tersebut sendiri. Banyak software yang bisa membalas komentar masuk secara otomatis. Namun, sebaiknya Anda menjawab semua komentar tersebut sendiri. Selain jawabannya lebih tepat, kedekatan dengan audiens bisa terbangun baik.
  • Balas komentar secukupnya. Jawablah pertanyaan pengunjung dengan singkat dan jelas sesuai topik yang sedang dibicarakan saja. Tidak perlu melebar ke pembahasan lain yang tidak perlu.
  • Gunakan bahasa sederhana. Jika terpaksa menggunakan jargon atau singkatan dalam menjawab komentar, berikan penjelasan mudahnya. Hal ini untuk memastikan jawaban Anda bisa dipahami banyak orang.
  • Balas komentar dengan sopan. Tak jarang Anda tidak setuju dengan komentar yang diberikan pengunjung. Tetaplah jawab dengan sopan disertai alasan ketidaksetujuan Anda.

5. Bangun Jaringan yang Luas

Anda mungkin bisa membuat konten seorang diri. Namun, untuk mengembangkan blog, menggandeng pihak lain bisa menjadi strategi yang cukup efektif

Kenapa demikian?

Anda bisa melakukan upaya promosi blog lebih mudah. Sebab, tanpa promosi, waktu yang dibutuhkan untuk membuat blog Anda besar akan lebih lama.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi bermanfaat berupa solusi dari permasalahan blogging yang Anda temui.

Untuk dapat membangun jaringan yang luas, apa yang perlu Anda lakukan?

  • Bergabunglah ke komunitas. Di Indonesia, komunitas blogger mulai banyak ditemui. Contohnya, Komunitas Blogger Jakarta, Indonesian Beauty Blogger dan lainnya. Dengan bergabung ke komunitas, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat.
  • Mulai dengan berbagi. Sebelum Anda mendapatkan manfaat dari pihak lain, berbagilah informasi penting ke orang lain dulu. Bisa dengan menjawab pertanyaan dari anggota lain di forum. Bisa juga dengan berbagi link ke artikel blog anggota komunitas yang relevan.
  • Tawarkan kolaborasi. Jangan ragu untuk mengajak blogger lain membuat konten bersama. Terutama, blogger yang memiliki kelebihan di satu topik tertentu. Cara lain, Anda bisa menulis artikel di blog mereka alias guest post.
  • Jangan terbatas pada satu topik. Jalinlah komunikasi dengan banyak blogger meskipun dengan topik yang tidak sama dengan Anda. Meskipun Anda tidak bisa langsung berkolaborasi pada sebuah konten, Anda tetap bisa bertukar informasi tentang blogging.

Dengan menerapkan langkah di atas, akan semakin mudah bagi Anda untuk membangun jaringan lebih luas dan membuat blog Anda semakin besar.

Tips

itu lah beberapa tips yang bisa mimin infokan kepada kalian untuk saat ini ditunggu part 2nya ya 😉