Kategori
Uncategorized

Cara Menghilangkan Stres untuk Tenangkan Hati dan Pikiran

cara menghilangkan stres - Cara Menghilangkan Stres untuk Tenangkan Hati dan PikiranCara Menghilangkan Stres untuk Tenangkan Hati dan Pikiran,Stres adalah kondisi yang bisa dialami oleh semua orang, terutama di masa pandemi Covid-19 ini saat kita harus lebih banyak berada di rumah saja dan membatasi kontak fisik kita dengan orang lain. Stres bisa memberikan baik dampak positif (pada kadar tertentu) maupun negatif, tetapi sebaiknya tetap tidak dibiarkan berlarut-larut tanpa melakukan cara menghilangkan stres yang tepat. yang telah kita rangkum dalam Victoriaramada

yang disupport oleh Poker Online Deposit Dana

Sebab, masalah kesehatan mental yang berkepanjangan bisa memicu berbagai gangguan kesehatan maupun penyakit. Pasalnya, saat berada dalam kondisi stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan juga adrenalin yang akan membuat jantung bekerja lebih cepat dan membuatmu jadi mudah lelah. Selain itu, stres juga dapat membuat daya tahan tubuh akan menurun dan sulit melawan virus atau bakteri, sehingga kamu akan lebih mudah terkena penyakit.

1. Ungkapkan Keluh Kesah

Apakah kamu terbiasa menyimpan perasaan sendiri dan jarang membaginya ke orang terdekat? Jika ya, kebiasaan ini bisa membuatmu rentan terkena stres. Mencoba membiasakan untuk mengungkapkan keluh kesah yang ada di pikiranmu dengan orang terdekat bisa membuat perasaanmu akan jauh lebih baik dan pikiran jadi lebih ringan. Cara sederhana ini sangat baik untuk menghilangkan beban pikiran dan stress yang kamu alami.

Kamu bisa mencoba dengan menelepon pasangan, teman terdekat, anggota keluarga, ataupun menghubungi psikolog untuk membicarakan masalah yang sedang kamu hadapi. Keberadaan orang-orang tersebut sangat penting saat kamu berada dalam keadaan stres berat. Mengeluarkan isi pikiran dan juga mendengarkan suara menenangkan bisa membantumu berpikir lebih tenang dan jernih, serta mengangkat beban berat dari dirimu.

2. Olahraga Secara Rutin, Terutama di Pagi Hari

Olahraga Secara Rutin Terutama di Pagi Hari - Cara Menghilangkan Stres untuk Tenangkan Hati dan Pikiran
Sumber foto: TORWAISTUDIO via Shutterstock

Berolahraga telah diketahui sejak dulu sebagai cara terbaik untuk mengatasi stres. Ditambah lagi, berolahraga bisa membuat tubuh jadi lebih sehat. Olahraga akan membuat otot tubuh kita jadi lebih rileks dan mengalihkan pikiranmu dari hal-hal yang memicu stres sehingga bisa memperbaiki mood atau suasana hati yang buruk. Olahraga juga bisa menurunkan kadar hormon stres serta memicu produksi endorfin, hormon yang bertindak sebagai pereda nyeri alami yang memperbaiki suasana hati dan membuat kita lebih berbahagia.

Kamu tidak perlu melakukan olahraga berat untuk melepas stres. Cukup dengan melakukan olahraga ringan dan sederhana, seperti:

a. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang memasukkan teknik pernapasan dan juga meditasi. Kedua hal tersebut sudah terbukti ampuh untuk memperbaiki mood bagi yang mengalami stres dan depresi. Yoga menurunkan kadar hormon stres kortisol, tekanan darah, dan denyut jantung serta meningkatkan gamma-aminobutyric acid (GABA), sebuah neurotransmiter yang berperan dalam gangguan mood. Cobalah untuk rutin melakukan yoga, lakukan pose-pose penangkal stres misalnya seperti child’s pose, triangle pose, camel pose, atau sukhasana.

b. Berenang

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa berinteraksi dengan air atau berendam di dalam air bisa memicu respons relaksasi tubuh. Sehingga aktivitas tersebut dapat membantu menekan kadar hormon pemicu stres. Berenang bisa menjadi olahraga terbaik yang menawarkan manfaat ini, luangkan waktu untuk berenang setidaknya 30 menit untuk menghilangkan stres.

c. Lari Pagi

Olahraga lainnya yang bisa kamu coba adalah lari. Berlari menjadi cara yang baik untuk menghilangkan stres yang berat, sebab lari bisa membantu memperbaiki mood, meningkatkan produksi hormon endorfin, dan membantu menyalurkan pikiran-pikiran negatif di dalam otak dengan cara yang sehat. Sebaiknya, kamu berlari di pagi hari (bisa setelah waktu subuh), karena suasana yang tenang bisa mengalihkan pikiranmu lebih baik dan fokus pada diri sendiri. Selain itu, udara pagi yang sehat juga bisa membuat tubuh lebih rileks dan membantu pernapasanmu jadi lebih baik.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang sehat bisa berperan sebagai penghilang stres yang baik. Tentunya, makanan ini tidak termasuk yang mengandung tinggi gula, lemak, dan kafein, seperti makanan cepat saji, minuman ringan, keripik kentang, dan bahkan daging merah. Jenis-jenis makanan tersebut memang bisa meredakan stres jangka pendek, akan tetapi kebiasaan ini justru bisa memperparah kondisi stres dalam jangka panjang. Sebab makanan ini akan membuat kadar gula darah naik secara tiba-tiba, dan kemudian turun secara mendadak dan memicu stres serta gangguan kecemasan.

Makanan sehat memiliki manfaat bagi kesehatan, tak hanya fisik namun juga mental. Ketika stres, sebenarnya tubuh hanya membutuhkan nutrisi-nutrisi tertentu seperti vitamin B, vitamin C, magnesium, dan selenium. Berikut tips bagaimana cara yang tepat mengonsumsi makanan sehat untuk menghilangkan stres:

  • Makan buah-buahan dan sayuran segar, misalnya seperti alpukat, buah jeruk, buah lemon, sayuran berdaun hijau gelap, dan buah beri
    Konsumsi protein, misalnya dalam bentuk makanan laut, ikan berlemak (salmon, lele, patin, tuna), dan daging tanpa lemak dalam jumlah yang seimbang
  • Jika kamu tidak memiliki alergi atau intoleransi, konsumsi produk susu seperti susu segar, yogurt tanpa rasa, keju, dan telur. Produk susu adalah sumber probiotik yang menyehatkan usus dan mampu meredakan stres, kecemasan, serta depresi
  • Makan biji-bijian, kacang-kacangan, gandum utuh (misal oatmeal), dan popcorn sebagai cemilan
  • Hindari konsumsi makanan kemasan yang mengandung 5 bahan yang tidak kamu kenali atau tidak kamu pahami
  • Batasi asupan gula, hanya konsumsi dalam jumlah seimbang dan gunakan pemanis alami seperti madu, gula aren, atau stevia

4. Lakukan Meditasi

Cara Menghilangkan Stres untuk Tenangkan Hati dan Pikiran,Cara selanjutnya untuk mengatasi stres adalah dengan melakukan meditasi yang bisa kamu lakukan sebagai salah satu alternatif kegiatan di rumah. Meditasi mampu menurunkan kadar hormon kortisol yang merupakan hormon stres, sehingga kamu akan lebih tenang. Kamu bisa meluangkan waktu selama 10-15 menit dalam sehari untuk melakukan meditasi, dan lakukan setidaknya 4-5 kali dalam seminggu untuk meredakan stres. Cobalah dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Cari tempat tenang dan nyaman
  • Kamu bisa menambahkan efek suara menenangkan dengan musik relaksasi
  • Duduk tegak di atas karpet atau lantai
  • Kemudian, pejamkan mata dan mulailah bernapas perlahan-lahan
  • Sembari bernapas, kamu bisa mengucapkan kalimat afirmasi untuk diri sendiri atau bersyukur atas satu hal
  • Kamu bisa mengucapkan ‘mantra’ tersebut dengan kencang atau di dalam hati
  • Setelah itu, letakkan satu tangan di perut untuk menyamakan ritme kata-kata yang keluar sesuai dengan ritme napas
  • Perlahan, kamu juga akan merasakan pikiran-pikiran negatif hilang dari pikiran

5. Buat Jurnal Pribadi untuk Mencatat Perubahan Mood atau Perasaan

Buat Jurnal Pribadi untuk Mencatat Perubahan Mood atau Perasaan - Cara Menghilangkan Stres untuk Tenangkan Hati dan Pikiran
Sumber foto: Rawpixel.com via Shutterstock

Jika kamu tergolong orang yang tidak terlalu nyaman untuk mengungkapkan keluh kesah pada orang lain, kamu bisa memilih opsi untuk menulis jurnal atau dary. Menuliskan isi pikiran dan perasaanmu bisa menjadi cara pelepasan emosi dan menghilangkan stres yang baik, terutama yang sebabkan hal berat seperti masalah keluarga atau pekerjaan. Tidak perlu memikirkan apa yang akan kamu tulis, tulis apa saja yang muncul  pikiranmu dan juga tidak perlu memikirkan apakah ada orang yang akan membacanya.

Kamu bisa menulis  buku catatan ataupun menggunakan fitur catatan di dalam ponselmu. Setelah kamu selesai, kamu bisa menyimpannya atau membuangnya. Tulisan tersebut bisa kamu simpan sebagai catatan perubahan mood atau perasaan tiap harinya, setidaknya lakukan hal ini selama 5 menit. Selain meredakan stres, menulis juga memberi manfaat lain seperti mengorganisir dan memahami isi pikiranmu. Jika kamu merasa stres karena takut akan suatu hal, kamu juga bisa menuliskan apapun yang kamu takutkan dan bisa membantu mencari cara untuk untuk hilangkan rasa takut penyebab stres ini.

Cara Menghilangkan Stres untuk Tenangkan Hati dan Pikiran,Dengan melakukan cara menghilangkan stres.

Niscaya kesehatan mental kita akan semakin terjaga dan juga fisik kita semakin kuat. Selalu percaya pada dri sendri dan jangan menunda untuk mendapatkan pertolongan bila gejala yang dalami sudah terlalu berat dan tidak kunjung membaik, terutama jika sudah mengganggu rutinitas harian kamu.

Sebagai proteksi yang sama dengan berbagai cara menghilangkan stres  atas, kamu juga bisa memanfaatkan asuransi yang menawarkan manfaat kesehatan. Sebab, stres atau gangguan kesehatan mental juga bisa menyebabkan terganggunya kesehatan tubuh yang dsebut dengan psikosomatis.