Kategori
Uncategorized

Beragam Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Beragam Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan,Masakan khas Indonesia banyak dikenal karena penggunaan rempahnya yang berlimpah. Bahkan, tak sedikit masyarakat dari seluruh dunia yang mengagumi cita rasa khas pada resep kuliner buatan nenek moyang. Tak ayal beberapa masakan Indonesia digadang-gadang sebagai kuliner dengan rasa paling lezat di dunia.yang kita rangkum dari victoriaramada

wz9spmprzs7mlwlmywqg - Beragam Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Yang di Support oleh Club388 Indonesia

Beragam Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan,Tentu rahasia dari kelezatan kuliner Indonesia adalah dari rempah serta bumbu masakan yang tumbuh dari tanah air sendri. Salah satu yang paling umum digunakan sebagai campuran dan menyedapkan makanan dalam negeri adalah kunyit. Rempah yang dikenal juga sebagai kunir merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia.

Pasalnya, kunyit tak hanya bisa menguatkan rasa pada makanan, namun juga sebagai sumber pewarna alami sehingga masakan nampak lebih menggoda. Memiliki warna kuning, kunyit menjadi rempah wajib saat memasak soto, kare, dan beragam masakan tradisional lainnya yang berwarna kuning.

Namun, tahukah Anda jika mengonsumsinya, ada beragam manfaat kesehatan dan kecantikan yang bisa ddapatkan? Bahkan, ada penelitian yang menyebutkan bahwa rempah tersebut dapat mencegah kanker payudara, leher Rahim, dan usus besar muncul. Daripada penasaran apa saja manfaatnya, berikut adalah manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan yang perlu dketahui.

  1. Membantu Meredakan Peradangan

    Bagi yang belum tahu, zat atau ada dalam kunyit yang bisa menjadi obat biasa dsebut sebagai kurkumin. Jika dambil dalam takaran satu sendok teh, kunir parut atau bubuk memiliki setidaknya 200 mg kurkumin yang terkandung di dalamnya. Jumlah tersebut tentu sangat menakjubkan karena kunyit banyak dijadkan sebagai bumbu masakan yang sering dkonsumsi oleh masyarakat.

    Nah, salah satu fungsi kurkumin pada salah satu rempah-rempahan ini adalah sebagai antioksidan yang mampu memberikan efek anti radang yang poten. Kurkumin pada kunyit dpercaya dapat menghambat sitokin serta enzim pemicu inflamasi atau peradangan dalam tubuh. Kandungan tersebut juga dapat bekerja menekan peradangan dengan mengurangi kadar histamin, sembari memperbanyak produksi kortison alami pada kelenjar adrenal.

    Melalui proses serta kerja dari kurkumin tersebut, besar kemungkinan jika kunyit memang berkhasiat untuk meredakan berbagai penyakit peradangan. Mulai dari radang sendi, penyakit kardovaskular, sindrom akut koroner, hingga kanker pun dapat dtekan dengan mengonsumsinya. Namun, tentunya pembuktian dari manfaat kunyit tersebut masih perlu dlakukan penelitian lebih lanjut.

  2. Menjaga Usus Agar Tetap Sehat 

    Kebanyakan dari Anda mungkin pernah mendengar manfaat kunyit sebagai pereda maag atau gejala gangguan pencernaan lainnya. Ya, kunyit memang sudah djadkan sebagai obat alternatif turun-temurun dari nenek moyang untuk meredakan beragam penyakit usus, salah satunya adalah penyakit maag.

    Cukup mengolahnya sebagai campuran dari minuman teh, penderita maag akan langsung merasakan khasiatnya. Pemicu munculnya sakit maag bisa datang dari berbagai sumber, seperti, infeksi bakteri, obat anti nyeri, hingga rokok dan minuman beralkohol. Beragam hal tersebut merupakan penyebab terkikisnya lapisan dindng pada usus serta kerongkongan yang memicu naiknya refluks asam lambung.

    Masih menjadi manfaat dari kurkumin, zat tersebut ternyata juga dapat melindungi perut atau saluran pencernaan dari pemicu maag tersebut. Kurkumin dalam lambung dapat memancing lendr dndng untuk dproduksi dan juga mengontrol keluarnya asam lambung. Jadi, bagi penderita penyakit pencernaan seperti maag, kunyit dapat menjadi penyelamat saat penyakit tersebut kambuh.

    Perut kembung atau buang gas secara berlebihan juga dapat dredakan dengan mengonsumsi kunir ini. Masih dari khasiat kurkumin, otot pada organ pencernaan dapat terdorong untuk bergerak lancar sehingga mengurangi tekanan dalam perut penyebab kentut berlebihan.

    Tetap seputar kesehatan usus, kunyit juga menurunkan intensitas rasa sakit di perut yang diakibatkan oleh Irritable Bowel Syndrome atau IBS. IBS sendiri merupakan radang yang terjadi di usus besar sehingga menyebabkan penderitanya mengalami masalah BAB atau diare berkepanjangan.

    IBS membuat otot pada usus untuk merenggang yang menyebabkan diare, atau sebaliknya dan memicu terjadnya sembelit. Nah, masalah yang dsebabkan penyakit IBS ini dapat dredakan dengan mengonsumsi kunyit karena kandungan kurkuminnya dapat membantu otot perut untuk bekerja lebih lancar. Jadi, ada beragam khasiat mujarab dari mengonsumsi kunyit agar usus dapat senantiasa terjaga kesehatannya.

  3. Bukan Hanya Mitos, Kunyit Terbukti Mampu Menekan Rasa Nyeri Akibat Haid

    Tak sedkit leluhur yang menyarankan anak perempuannya untuk mengonsumsi jamu kunyit asam saat merasakan nyeri d perut karena haid atau menstruasi. Nasehat tersebut ternyata memang terbukti secara ilmiah memiliki manfaat yang benar adanya. Pasalnya, kurkumin pada kunyit berkhasiat sebagai analgesik atau pereda nyeri secara alami.

    Khasiat analgesik tersebut dapat bekerja dalam melemaskan kontraksi yang terjad pada rahim penyebab kram d perut. Tak hanya itu, kurkumin juga memiliki khasiat untuk menurunkan aliran masuk dari ion kalsium menuju sel epitel rahim. Hormon yang menyebabkan rasa sakit serta peradangan, prostaglandn, juga dapat dkurangi produksinya oleh kurkumin.

  4. Membantu Menjaga Berat Badan

    Mengonsumsi kunyit dapat menimbulkan reaksi yang mampu menurunkan resistensi insulin, menekan kadar gula dan kolesterol dalam darah, hingga mengurangi potensi gangguan metabolik pada tubuh akibat berat badan yang tidak ideal. Reaksi tersebut dapat muncul akibat kurkumin yang berguna untuk menghambat respon peradangan sel tubuh, termasuk sel pada pankreas, lemak, serta otot.

    Efek tersebut bisa ddapatkan saat kunyit dkonsumsi berbarengan dengan asam jawa, seperti pada jamu kunyit asam yang banyak djual oleh toko obat tradsional. Jika dkonsumsi secara rutin dalam jangka yang cukup lama, jamu kunyit asam tersebut akan menghasilkan berat badan ideal dan kesehatan tubuh yang lebih maksimal.

  5. Si Peningkat Daya Tahan Tubuh

    Ternyata kunyit asam yang merupakan salah satu jenis minuman jamu juga berguna untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh seseorang. Meskipun memiliki rasa yang sedkit asam, namun khasiat yang dtawarkan sangatlah baik. Terutama untuk Anda yang memiliki banyak aktivitas dan kondsi badannya sedang tidak sehat.

    Segudang Manfaat dari Kunyit untuk Kesehatan 

    Beragam Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan,Kebanyakan orang hanya menganggap kunyit hanya sebagai bumbu dapur untuk menyedapkan masakan saja. Namun, dbalik itu, ada segudang manfaat kunyit bagi kesehatan dan menjaga kecantikan. Nah, karena sudah mengetahui apa saja khasiat dan manfaatnya, jangan ragu untuk mengonsumsi kunyit asal masih dalam porsi yang sewajarnya.