Kategori
Uncategorized

Air Kencing Berbusa, Tanda Penyakit Apa?

Air Kencing Berbusa, Tanda Penyakit Apa?Sistem ekskresi manusia dan limbahnya dapat menjadi pertanda kesehatan. Dalam beberapa kasus, air kencing atau urine ternyata dapat bisa menjadi indkator ada atau tidaknya masalah dalam tubuh.

Salah satu tanda yang perlu dperhatikan adalah air kencing berbusa. Berikut ini adalah kemungkinan penyakit yang bisa jadi penyebab kondisi urine yang berbusa. Simak sampai habis, ya!

1. Gangguan ginjal

ginjal 6c1602cd881c8a2296d6b4e96790bada - Air Kencing Berbusa, Tanda Penyakit Apa?ilustrasi ginjal (http://victoriaramada.com/)

Warna dan adanya busa pada urine bisa dtelusuri kembali ke ginjal. Ginjal, sebagai salah satu organ terpenting dalam tubuh, menyaring protein dalam darah. Protein ini menjalankan fungsi-fungsi penting dalam tubuh. Akan tetapi, jika ginjal terganggu atau mengalami kerusakan, protein bisa bocor ke urine, sehingga menyebabkannya berbusa seperti air sabun. Kondsi ini dkenal sebagai proteinuria.

Harus segera dtangani, proteinuria bisa menjadi tanda awal penyakit ginjal kronis. Gejala lain yang menyertai termasuk:

  • Gatal-gatal pada kulit
  • Mual dan muntah
  • Sesak napas
  • Pembengkakan d tangan, kaki, wajah, dan perut
  • Selalu merasa kelelahan
  • Frekuensi buang air kecil meningkat

Jika betul urine berbusa dan dsertai dengan gejala-gejala d atas, segera bergegas ke dokter, apalagi bila ada riwayat penyakit ginjal, hipertensi, dan diabetes.

2. Dehidrasi

dehydration in seniors 2740b311cb694edfafe3bb7d6068f2b2 - Air Kencing Berbusa, Tanda Penyakit Apa?minum air biar tidak dehidrasi (http://victoriaramada.com/)

Air adalah salah satu zat utama pembentuk urine. Kalau tubuhmu kurang cairan atau dehidrasi, maka air kencing bisa berbusa. Ini karena kamu tidak cukup minum untuk “mencuci” zat lain dalam urine, sehingga terkonsentrasi dalam volume urine yang sedkit. Selain berwarna gelap, air kencing pun jadi berbusa. Jadi, salah satu langkah pertama yang harus dlakukan adalah minum air agar tidak dehidrasi.

3. Diabetes dan hipertensi

61 diabetes melitus gula diabetes 768x384 92178695eba7b3e97c69074ba27e790b - Air Kencing Berbusa, Tanda Penyakit Apa?ilustrasi cek gula darah (http://victoriaramada.com/)

Hipertensi dan dabetes. Dua kondsi kronis ini dapat memengaruhi air seni dan menyebabkannya berbusa. Mari kita bahas satu per satu.

Seseorang dengan kadar gula darah yang tidak terkontrol akan memiliki lebih banyak molekul glukosa darah d dalam tubuhnya. Glukosa adalah molekul besar, seperti protein.

Air Kencing Berbusa Tanda Penyakit Apa?,Jika kadar glukosa darah terlalu tinggi, ginjal mungkin kesulitan menyaring molekul dengan benar. Akibatnya, ginjal membiarkan kelebihan glukosa dan protein keluar melalui urine. Selain air kencing berbusa, orang dengan diabetes bisa mengalami gejala lain, seperti:
DAFTAR CLUB388

  • Gangguan penglihatan
  • Mulut kering
  • Terus lapar dan haus
  • Frekuensi buang air kecil yang meningkat
  • Gatal-gatal pada kulit
  • Kelelahan yang tidak bisa djelaskan