Kategori
Travel

4 Pilihan Destinasi Wisata Di Blue Mountains Australia

Blue Mountains Australia merupakan salah satu tempat wisata yang sangat menarik. Mulai dari jalur tracking dengan berbagai pilihan jarak, hingga lincoln’s park dan three sisters. Tersedia juga Scenic Skyway yang berada di Katoomba.

“Kereta gantung ini membelah lembah. Jalannya dari daerah visitor center dari Katoomba. Tengok kiri ada Katoomba Falls, tengok kanan ada Three Sisters. Tengok bawah beda lagi. Kuatin mental kalau liat ke bawah, ke lembah,” kata Tour Leader Dwidayatour, Epriel Sutjipto.

Baca Juga: Takut Terkena Penyakit Saat Liburan? Siapkan 3 Hal Ini

Dikutip dari media australia yaitu Australia.com, dikatakan bahwa Blue Mountains Heritage Area membentang sepanjang 140 km. Jadi jangan heran bila tempat ini menawarkan beragam tempat wisata yang menarik.

1. Jelajahi alam Blue Mountains

Jika ingin trekking, pihak tempat wisata sudah memberi beberapa penanda pada jalur-jalur tertentu guna memudahkan wisatawan. Kamu bisa mengikuti jalur dari Katoomba ke Jenolan Caves yang sudah ada sejak tahun 1884. Untuk melintasinya, kamu butuh waktu sekitar tiga hari.

Ada juga jalur 18 km yang bisa kamu lewati dari Princes Rock Walk ke WentWorth Falls, Kings Tableland, dan Mount Solitary.

2. Tur keliling tempat wisata pakai bus tingkat

Di sana terdapat bus tingkat warna-warni bernama Blue Mountains Explorer Bus. Wisatawan bisa mengikuti tur tersebut untuk menjelajahi beberapa area seperti Katoomba dan Leura.

“Di Katoomba, ada segala aktivitas seperti belanja oleh-oleh, makan di restoran, ada toko souvenir. Ada juga hiburan,” ujar Epriel. Tidak hanya itu, bus juga akan membawamu ke beberapa atraksi wisata seperti kereta gantung Scenic Skyway, Katoomba Falls, dan Echo Point.

3. Lihat keindahan Three Sisters

Salah satu atraksi wisata yang kerap dikunjungi wisatawan adalah Three Sisters. Letaknya di Echo Point Katoomba, sekitar 2,5 km dari Great Western Highway.

Mengutip Bluemts.com.au, atraksi wisata tersebut, menurut legenda Aborigin, merupakan formasi bebatuan unik yang merepresentasikan tiga saudari perempuan yang dirubah menjadi batu.

Menurut legenda tersebut, ketiga saudari tersebut bernama Meehni, Wimlah, dan Gunnedoo. Dulu, mereka adalah anggota suku Katoomba yang tinggal di Jamison Valley.

Selain memiliki legenda yang menarik, pemandangan yang ditawarkan tidak kalah menariknya. Setiap hari, tampilannya terkesan kerap berubah akibat efek cahaya matahari.

Jika ingin melihatnya dari dekat, kamu bisa mendaki Three Sisters dari Honeymon Bridge. Sempatkan untuk berkunjung ke Waradah Aboriginal Centre di Echo Point untuk mengetahui lebih lanjut seputar formasi Three Sisters.

4. Jelajah Jenolan Caves

Blue Mountains memiliki salah satu gua tertua di dunia bernama Jenolan Caves. Jika berkunjung ke sana, kamu bisa ikuti tur satu hari menjelajahi gua tersebut.

Jenolan Caves menawarkan pemandangan yang indah bak suasana dalam dongeng. Menjelajahinya, kamu bisa pergi ke atas gua untuk melihat Blue Lake. Jika beruntung, mungkin kamu bisa melihat kanguru, wombat, atau platipus.

Saat pandemi seperti saat ini, Australia masih belum menerima wisatawan asal Indonesia. Jika sudah dibuka dan ingin berkunjung, pastikan kamu memenuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Baca Juga: Spot Wisata Paling Hits di Semarang, Cocok Buat Liburan

Adapun protokol kesehatan yang dimaksud adalah dengan mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

Itulah 4 tempat wisata traveling ke blue mountains australia yang bisa kamu jadikan pilihan. Semoga dengan artikel diatas bisa menambah wawasan dan informasi terbaru buat kamu.