Kategori
Travel

Tips Terhindar dari Penipuan Agen Travel Buat yang Berencana Liburan

Tips Terhindar dari Penipuan Agen Travel Buat yang Berencana Liburan

Tips Terhindar dari Penipuan Agen Travel Buat yang Berencana Liburan – Agen perjalanan wisata atau kita lebih familier dengan  travel agent merupakan usaha jasa pemesanan sarana wisata dan pengurusan dokumen perjalanan.

Dalam praktek di kegiatan bisnis, agen perjalanan wisata itulah yang dimaksud dengan Travel Agent. Tidak ada yang ingin ditipu, khususnya saat kamu merencanakan liburan. Namun, penipuan oleh agen travel marak terjadi sekarang ini karena kerasnya industri travel itu sendiri.

Paket liburan umumnya dikenai pembayaran di muka, maka traveler sangat rentan menjadi target penipuan yang ingin mengeruk untung. Berikut adalah cara daftar idn poker tips agar terhindar dari penipuan agen travel jika kamu berencana liburan.

1. Dapatkan informasi detail tentang paket liburan
round black chronograph watch on table near germany passport 1438863 78df961427e505055cbacddbbe84d238 - Tips Terhindar dari Penipuan Agen Travel Buat yang Berencana Liburan

Sebelum kamu membayar paket liburanmu, pastikan kamu memperoleh semua informasi tentang itinerary dan rincian biaya dari setiap liburan.

Agen travel harus bisa menyediakan semua informasi yang kamu butuhkan, termasuk denda pembatalan dan syarat-syaratnya. Semakin sedikit informasi yang diberikan agen travel, maka semakin rentan kamu mengalami penipuan.

2. Pastikan agen travel menjamin keamanan finansial
advice advise advisor business 7075 f2cf4d6b3185372ca519fbe25083e505 - Tips Terhindar dari Penipuan Agen Travel Buat yang Berencana Liburan

Bergantung pada tujuan wisata, agen travel harus punya lisensi dan jaminan finansial untuk para pelanggannya. Pastikan kamu bertanya tentang estimasi biaya dan jaminan yang mereka berikan untuk paket liburan yang mereka tawarkan.

Contoh, jika kamu tiba-tiba dikenakan biaya tambahan di tengah liburan, maka risiko untuk kehilangan lebih banyak lagi uang sedang mengintaimu.

3. Hindari tawaran paket liburan dengan harga tak wajar
person pointing at black and gray film camera near macbook 1051075 3f77a514f03b165c3e76127f12434d26 - Tips Terhindar dari Penipuan Agen Travel Buat yang Berencana Liburan

Hati-hati dengan tawaran paket liburan murah, biasanya lewat telepon atau pesan singkat kita di tawarkan paket liburan dengan harga yang di bawah standar. Tawaran ini hampir pasti adalah penipuan untuk mengeruk uangmu.

Hindari juga agen travel yang menawarkan paket liburan dengan masa tunggu lebih dari 60 hari. Hal ini akan membuat kamu sangat rentan tertipu.

4. Lindungi diri dengan asuransi travel
smiling woman holding map 3183613 5004c2ab8c570aa7db4f08e7561c7a18 - Tips Terhindar dari Penipuan Agen Travel Buat yang Berencana Liburan

Meski tampak mahal di awal, asuransi travel bisa menyelamatkanmu dari krisis finansial dan ketidaknyamanan selama liburan.

Asuransi travel akan menjamin kamu dari pencurian, kerusakan, atau pembatalan paket liburan di tengah jalan. Hal itu setidaknya akan membuatmu santai dan nyaman.

5. Lakukan cek silang secara mandiri
woman wearing earpiece using white laptop computer 210647 03789d6914e98d64312ba8fbc1b40e34 - Tips Terhindar dari Penipuan Agen Travel Buat yang Berencana Liburan

Meski agen travel telah memastikan paket liburanmu dengan jadwal keberangkatan dan akomodasi, lakukan cek silang secara mandiri dengan menghubungi hotel dan maskapai untuk memastikan liburanmu tidak ada masalah.

Dengan cek silang kamu tidak akan merasa khawatir karena semua sudah di konfirmasi dengan jelas sebelum kamu menjalani liburan.

Nah, itulah lima tips menghindari penipuan agen travel liburan. Selalu waspada dan semoga liburan kita menyenangkan.